Satika Kunjungi PAUD Paniaran Tapanuli Utara, Edukasi Orangtua Cegah Stunting pada Anak

Bunda PAUD Tapanuli Utara

topmetro.news – Bunda PAUD Tapanuli Utara Satika Simamora SE MSi mengunjungi PAUD Bestari Desa Paniaran Kecamatan Siborongborong, Selasa (7/11/2021). Kunjungan merupakan bagian dari program peningkatan kualitas anak melalui rumah masa depan PAUD.

Di hadapan guru dan orangtua murid, Satika menyebut, kualitas kepribadian anak Indonesia yang tangguh dan sehat ditentukan sejak usia dini. Oleh karenanya, peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting dalam menuntun anak. Khususnya Tapanuli Utara menuju generasi yang hebat dan sehat.

Menyadari pentingnya pendidikan sehat bagi anak sedari usia dini, Bunda PAUD Tapanuli Utara, hadir di sekolah PAUD itu.

Dengan bahasa dan sapaan sederhana, Satika menyemangati dan mengedukasi anak-anak PAUD agar menjaga pola hidup yang sehat. Sembari mengajak mereka senam ringan, bercerita dan bernyanyi, agar badannya bergerak bersemangat dan sehat. Satika juga berkesempatan memberi anak peserta PAUD minum susu.

Cegah Stunting

Dalam kesempatan itu, istri Bupati Tapanuli Utara itu juga mengajak orangtua, agar selalu menjaga pola makan anak usia dini. Hal ini guna menghindari anak dari stunting.

“Orangtua harus benar benar menjaga pola makan anak dan gizi. Agar anak anak tumbuh sehat dan terhindar dari stunting,” pesannya.

Satika juga menjelaskan bahaya stunting, yang bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang karena mempunyai efek jangka panjang. “Stunting merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang menyebabkan anak memiliki perawakan pendek.” ujarnya.

Ia pun mengajak para orangtua bekerja sama untuk sama-sama menjaga. “Pemerintah tidak bisa hadir 24 jam untuk menjaga agar anak tidak mengalami stunting. Butuh kerjasama para orangtua untuk menjaga daya tahan tubuh anak, agar tumbuh sehat dan cerdas,” harapnya.

Satika juga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi tenaga pendidik PAUD Indah Bestari dan juga Bunda PAUD Kecamatan, yang telah mengajari dan menjaga anak untuk hidup sehat untuk anak-anak di Desa Paniaran tersebut. Dan menanamkan pola hidup sehat

Di akhir kegiatan, Bunda PAUD Satika Simamora memberikan anak-anak usia dini hadiah bekal belajar. Berupa peralatan sekolah juga susu, masker, dan dana. Satika juga memberikan semangat agar anak-anak PAUD terus giat belajar demi mencapai cita-cita.

Turut mendampingi Bunda PAUD dalam kegiatan tersebut, Camat Siborongborong Erwand Hutagalung, Kabid PAUD Lumbagaol, Bunda PAUD Kecamatan Siborongborong, pengurus PAUD Kabupaten.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment